Minggu, 01 Juli 2012

Tempat Wisata di Pulau Bangka

Kepulauan Bangka Belitung memiliki keanekaragaman dalam hal budaya, adat istiadat, bahasa serta yang tidak kalah menariknya adalah obyek wisatanya. Terutama beraneka ragamnya obyek wisata bahari, hal ini dikarenakan kepulauan Bangka Belitung terdiri dari beberapa pulau dan dikelilingi oleh lautan (laut cina selatan, selat karimata dan selat Bangka).
peta kep. Bangka Belitung

Kali ini saya akan memberitahukan beberapa tempat (obyek) wisata yang bisa kita kunjungi saat berada di pulau Bangka yang informasinya saya dapatkan dari berbagai sumber (saat kami berwisata ataupun dari google). Semoga bermanfaat ya...ayo berwisata ke pulau penuh pesona ini....

Tempat-tempat wisata di pulau Bangka:
Air Panas Tirta Tapta Bangka: 
wisata keluarga yang terletak di Pemali, Sungailiat. Di sana terdapat pemandian air panas, dimana pengunjung bisa berendam di kolam yang kandungan airnya ada yang sangat panas (maksimal berendam selama 1 jam), di kolam yang agak panas, kolam yang hangat (cocok untuk balita&anak-anak) serta kolam renang khusus untuk anak-anak dengan fasilitas seluncuran yang aman bagi mereka, kolam renang untuk remaja/dewasa dengan fasilitas seluncuran air yang sangat tinggi dan kolam renang untuk segala umur. Di wisata ini juga terdapat areal kebun binatang, tempat berekreasi (gazebo) yang nyaman untuk beristirahat, bermain sepeda air (perahu dayung), ada panggung yang pada waktu tertentu ada atraksi keseniannya, tempat makan, dan area ganti baju (mandi) yang dibedakan untuk laki-laki atau perempuan.


berendam di air panas tirta tapta

Kelenteng Dewi Kwan Im Bangka:
wisata religi yang berada dekat pantai Sampur (atau Samfur), Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang.

Kelenteng Kwan Tie Miaw Bangka:
wisata Bangka di Jl. Mayor Syafrie Rachman, Pangkalpinang, merupakan salah satu kelenteng tertua Pulau Bangka.

Masjid Jamik Pangkalpinang Bangka:
wisata religi pada Jl Masjid Jamik Pangkalpinang yang merupakan salah satu masjid tertua dan terbesar di kota Pangkalpinang.


masjid jami' kota pangkalpinang

Masjid Raya Tuatunu Bangka:
wisata religi yang berada dalam Jl. Raya Tuatunu, Tuatunu Indah, Gerunggang, merupakan masjid raya terbesar di Bangka.


masjid raya Tuatunu

Pantai Matras Bangka:
Pantai Matras merupakan wisata bahari di  Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Pantai ini merupakan salah satu dari empat pantai menawan (pantai parai, pantai tanjungpesona, pantai matras dan pantai pasir padi). Terdapat batu granit yang besar dengan ombaknya yang terkadang tenang terkadang juga tinggi.

pantai matras

Pantai Parai Bangka:
wisata bahari di Desa Matras, Kecamatan Sungiliat. merupakan pantai yang sangat eksotis, terutama jika dalam keadaan surut air lautnya, maka akan tampak batu-batu granit yang berwarna hitam keabu-abuan bahkan ada yang putih yang terlihat indah. Di pantai ini sudah terdapat hotel berbintangnya, sehingga sangat cocok untuk wisatawan domestik ataupun wisatawan asing lho.



Pasir Padi Bangka:
wisata Bahari ini terletak di Desa Air Itam, Bukit Intan, Pantai pasir padi merupakan salah satu dari banyak pantai Bangka yang paling ramai mendapat kunjungan wisatawan karena letaknya yang dekat dengan kota Pangkalpinang. Disana terdapat pasir putih yang padat dan panjang yang bisa dilalui kendaraan roda dua & empat, biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk lomba sepeda motor, belajar menyetir mobil, dsb. Terdapat banyak gazebo (gubuk-gubug kecil0 tempat untuk berteduh melepas penat, sambil makan dan berefreshing menikmati indahnya pantai pasir padi.

pantai pasir padi

Pantai Tanjung Pesona Bangka:
wisata bahari di Desa Rambak, Sungailiat. Pantai Tanjung Pesona merupakan salah satu pantai yang sangat eksotik di pulau Bangka.Pantai yang sudah dikelola dengan baik ini terdapat penginapan (hotel) bagi pengunjung yang ingin menginap (bermalam) menikmati indahnya deburan ombak pantai tanjungpesona. Juga terdapat aneka permainan: banana boat, kuda yang dapat dinaiki, dsb.


pantai tanjung pesona

Pantai Tikus:
wisata bahari yang terletak di desa Rebo, kelurahan Kenanga, Sungailiat. pantai ini posisinya di selatan pantai tanjungpesona, kira-kira sekitar 5 km. Disana terdapat batu-batu granit yang besar dan begitu indah dengan pantainya yang menawan. Tempat wisata ini masih alami, dengan pantai yang berbentuk cekung dan berpasir putih halus. Jika pantai ini dikembangkan seperti pantai tanjungpesona dan pantai parai, sangatlah mungkin akan menjadi pantai yang ramai dikunjungi dan menjadi tujuan utama wisatawan dalam berlibur & menikmati indahnya karunia Sang Pencipta.


pantai tikus

Pantai Teluk Limau:
Wisata bahari yang terletak di antara pantai tikus dan pantai tanjung pesona di Sungailiat. kira-kira sekitar 3 km dari pantai tanjungpesona. Di teluk limau ini akan banyak ditemui batu-batu granit dari yang berukuran kecil, sedang dan besar. Bahkan ada yang membentuk lubang (seperti gua) yang bisa dilewati manusia. Biasanya dibuat mainan petak umpet untuk anak-anak. paling enak jika sore hari datang ke pantai ini, karena air laut biasanya surut dan kita akan dengan mudahnya menemukan binatang laut seperti mentimun laut (cucumbar fish).
pantai teluk limau

Pantai tanjung Langka, Koba
pantai yang sangat panjang dengan ombaknya yang sedang. Jika kita melakukan perjalanan dengan naik sepeda motor atauun mobil dengan berangkat dari pusat kota Pangkalpinang menuju Koba, maka di sepanjang jalan kita akan disuguhi keindahan alam ciptaan ALLOH. Kita bisa dengan sepuasnya memandang hamparan pantai dan lautan di sebelah kiri, dengan disapa pohon kelapa yang nyiurnya melambai-lambai tiadaa henti tertiup angin. Jika kita lelah, setiap saat bisa menepikan kendaraan dan beristirahat di sepanjang pantai yang ada di sebelah kiri jalan raya utama yang menghubungkan kota Pangkalpinang dan Koba.


pantai tanjung langka, koba

Benteng Penutuk Bangka
Wisata sejarah yang berada sekitar 2 km dari Desa Penutuk, Kecamatan Lepar Pongok, Bangka Selatan, membutuhkan waktu selama 25 menit dengan kendaraan roda dua.


Perigi Perkasem Bangka
Wisata sejarah di Kelurahan Tuatunu Indah, Kecamatan Gerunggang Pangkalpinang. Tempat Wisata ini pernah dijadikan tempat untuk membuang mayat orang-orang yang terbunuh oleh TKR.

Rumah Mayor Bangka
Wisata sejarah yang merupakan sebuah bangunan tua yang berada di Kota Muntok.


Rumah Residen Belanda Bangka
Wisata sejarah di Jl. Merdeka No. 1. Sebelum menjadi rumah dinas Walikota, rumah ini adalah rumah Residen Belanda, dengan dua meriam kuno.


Situs Kota Kapur Bangka
Wisata sejarah di Desa Kota Kapur, Mendo Barat, Bangka, dimana ada Lingga dan Yoni, peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang mengirimkan tentaranya untuk menumpas perampok dan pemberontak.


Tugu Pergerakan Kemerdekaan Bangka
Wisata sejarah di Jl. Merdeka, Tamansari, diresmikan Bung Hatta pada 1949.


Vihara Pha Khak Liang Bangka
Wisata religi di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, Bangka, 2 km dari Kota Belinyu atau 53 km dari Kota Sungailiat, dibangun di daerah bekas tambang.


Wisma Menumbing Bangka
Wisata sejarah di Kota Muntok, merupakan rumah pengasingan Ir. Soekarno pada masa penjajahan Belanda. Rumah ini terletak di puncak Gunung Menumbing. jalan untuk menuju wisma ini sangat berkelok-kelok, jadi untuk yang memakai roda empat harus ekstra hati-hati. Dahulu di tempat ini terdapat hotel, tapi saat ini tidak termanfaatkan lagi, sangat sayang disayang. Padahal bisa menjadi aset wisata yang menarik untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui wisata sejarah ini lho. hal ini dikarenakan di tempat inilah jaman dahulu presiden dan wakil presiden RI kita yang pertama pernah diasingkan oleh Belanda.



wisma menumbing, muntok

Wisma Ranggam Bangka
Wisata sejarah di Kota Muntok. Di sini terdapat kamar yang pernah ditempati Ir. Soekarno saat dibuang ke Pulau Bangka. Gambar foto di bawah ini adalah salah satu kamar yang ada di wisma Ranggam, Muntok. Dimana kamar tersebut pernah digunakan sebagai tempat tinggal presiden RI ke-satu saat diasingkan ke Pulau Bangka. Di ruangan tersebut masih ada kopyah (peci) warna hitam milik Ir. Soekarno yang dipajang di tembok.



kamar penuh sejarah

Monumen Proklamator Soekarno – Hatta Bangka
Wisata sejarah di dekat pusat kota Muntok, setinggi tujuh meter berbentuk batu lonjong dengan seekor burung Garuda Pancasila.


Museum Timah Indonesia Bangka
Wisata pendidikan yang terletak di Jl. Jend. Ahmad Yani no. 17, yang berdiri sejak 2 Agustus 1997, pernah menjadi tempat perundingan Republik dengan Belanda serta UNCI sebelum perundingan Roem-Royen.



halaman depan Museum Timah Indonesia

Pantai Air Anyir Bangka
Wisata Bahari Air Anyir, Merawang, 15 km dari Kota Sungaliat, sering diadakan Upacara Rebo Kasan (rebo wekasan, bahasa jawa) sebagai ungkapan rasa syukur dan memanjatkan do’a sebelum melaut. Di daerah ini banyak terdapat warga yang bisa berbahasa jawa (karena   nenek moyangnya berasal dari pulau jawa).



pantai air anyir

Pantai Batu Bedaun Bangka
Wisata Bahari kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Sungailiat, bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri, ada pohon yang tumbuh di atas batu.



pantai batu bedaun

Pantai Penyusuk Bangka
Wisata bahari ini berada di Bangka tepatnya Desa Penyusuk, Kecamatan Belinyu, dengan pantai landai dan air jernih yang dihiasi bebatuan




Pantai Rebo Bangka
Wisata Bahari dengan daerah perbukitan yang indah, sehingga menjadikannya tujuan wisataa bahari yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai Romodong Bangka
Wisata Bahari ini terletak di Belinyu, Bangka utara, sekitar 77 km dari Sungailiat. Pantai Romodong  ini sangaat dekat letaknya dari pantai penysusuk. Di pantai landai yang panjangnya 4 km ini, pengunjung bisa menikmati sunset dan air laut sebening kristal.



pantai romodong di sore hari

Pantai Tanjung Bunga Bangka
Wisata Bahari di dekat pantai Pasir Padi, berpantai landai dan dihiasi bebatuan yang indah, memiliki satu kawasan berbukit dengan panorama yang sangat indah.


Pantai Teluk Uber Bangka
Wisata Bahari yang berada di Desa Rambak Kelurahan Srimenanti, Sungailiat, seluas 25 Ha, ini memiliki pemandangan indah dengan pasir putihnya.



pantai teluk uber

Benteng Toboali Bangka
Wisata sejarah di Kelurahan Tanjung Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, sekitar 10 menit dari pusat Kota Toboali dengan menggunakan kendaran bermotor.


Kampung Gedong Bangka
Merupakan tempat wisata di Kampung Gedong, Desa lumut, Kecamatan Riau Silip, 51 km dari Kota Sungailiat, merupakan perkampungan masyarakat asli Cina Kuto Panji.


Kelenteng Dewi Sin Mu Bangka
Wisata religi di Tanjung Ketapang, Toboali, Bangka Selatan. Kelenteng yang berdiri sejak 1800 ini dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari pusat Kota Toboali.


Kelenteng Kung Fuk Min Bangka
Wisata religi yang lokasinya berada di Kota Muntok, Bangka Barat.


Mercu Suar Lampu Besar Bangka
Wisata sejarah di Batu Betumpang, Payung, Bangka Selatan, 1,5 jam dari Kota Toboali dengan kendaraan bermotor, merupakan warisan kolonial Belanda berumur lebih dari satu abad.


Makam Depati Bahrin Bangka
Wisata sejarah Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, 30 km dari Kota Sungailiat. Depati Bahrin adalah pahlawan Bangka yang berjuang menentang penjajahan Belanda.


Makam Kerkrof Bangka
Wisata sejarah di Jl. Sekolah, Melintang, Rangkui. Dalam kompleks ini ada sekitar 90 makam, yang tertua tahun 1902 dan yang termuda 1950-an.


Makam Kreo Panting Bangka
Wisata sejarah ini berada 6 Km dari Kec Payung, Bangka Selatan. Ia adalah pejuang Jawa yang lari ke Desa Payung, Bangka. Karena tetap melawan Belanda, ia dipasung dan dipenggal.


Makam Pangeran Hario Pakoeningprang Bangka
Wisata sejarah berupa makam cucu Paku Alam II yang dikirim Belanda ke Aceh untuk meredam perlawanan rakyat Aceh namun berbalik melawan Belanda.


Masjid Jamik Muntok Bangka
Wisata religi dan sejarah yang lokasinya berada di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat.




Masjid Agung Sungailiat
Masjid ini terletak tepat di jalan utama (jalan kembar) yang ada di kota Sungailiat. Bangunannya yang terlihat megah dan indah, sangat bagus juga digunakan untuk obyek wisata religi dan background berfoto-ria dengan keluarga.


masjid agung Sungailiat


Demikianlah beberapa tempat wisata yang ada di Pulau Bangka. Masih banyak obyek wisata lainnya yang mungkin belum saya ketahui dan belum saya datangi di Kepulauan Bangka ini.

Sumber foto: koleksi pribadi dan berbagai sumber di internet, salah satunya: The Aroengbinang Travelog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar